Senin, 22 Maret 2010

soal try out

PILIHLAH SATU PILIHAN JAWABAN YANG BENAR
1. Nama ilmiah singa adalah Panthera leo sedangkan Harimau adalah Panthera tigris.
Berdasarkan penamaan tata nama ganda (binomial nomenklatur) kedua hewan tersebut memiliki ....
A. genus berbeda species sama
B. genus sama species berbeda
C. genus dan species sama
D. genus dan familia sama
E. genus dan familia berbeda

2. Perhatikan beberpa tumbuhan berikut berikut.
1. mangga indramayu dan mangga harum manis
2. salak pondoh dan salak bali
3. kepala hijau dan kelapa sawit
4. jeruk bali dan jeruk medan
5. anggur hijau dan anggur merah
Yang termasuk keanekaragaman tingkat jenis adalah nomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

3. Perhatikan gambar virus berikut.






Berdasarkan gambar di atas label X, Z, dan Y secara berurutan adalah ….
1. kapsid, RNA dan selubung protein
2. kapsid, selubung protein dan DNA
3. kapsid ,DNA RNA dan selubung protein
4. Selubung protein, DNA dan kapsid
5. RNA, selubung protein dan kapsid

4. Perhatikan gambar macam-macam Protozoa di bawah ini!

Hubungan Protozoa dengan penyakit yang ditimbulkannya pada gambar tersebut adalah ….
A. 1 dengan a
B. 2 dengan d
C. 3 dengan e
D. 4 dengan b
E. 5 dengan c

5. Berikut merupakan ciri-ciri suatu tumbuhan.
1. tidak memiliki jaringan pengangkut
2. tumbuhan beralat kelamin jelas
3. belum memiliki akar, batang, dan daun yang sebenarnya
4. daun berbentuk seperti jarum
5. memiliki berkas pembuluh pengangkut
Yang merupakan ciri tumbuhan yang berfungsi sebagai bahan industri kertas adalah ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 2, dan 5
D. 2, 3, dan 5
E. 2, 4, dan 5

6. Berikut ciri-ciri suatu hewan.
1. kepala, dada bersatu, perut terpisah
2. tubuhnya ditutupi kerangka luar
3. kaki hanya pada segmen dada saja, berjumlah 4 pasang
4. sayap berpasangan pada ruas dada
5. matanya merupakan mata faset
Ciri-ciri yang dimiliki oleh insekta adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 2, 4, dan 5

7. Berikut ciri-ciri tumbuhan.
1. memiliki jaringan pengangkutan
2. mengalami proses pergiliran keturunan
3. memiliki sel pengantar air
4. lingkungan hidup akuatik
5. sporofit bergantung pada gametofit
Yang merupakan ciri tumbuhan Bryophyta adalah ....
A. 1, 2, dan 4
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 3, 4, dan 5

8. Berikut tabel ciri-ciri umum hewan.


Ciri
I
II
III
IV
V
Tubuh
Tidak bersegmen, simetri radial Bersegmen, simetri bilateral Tidak bersegmen, simetri radial Tidak bersegmen, lunak, simetri bilateral Bersegmen, simetri bilateral
Sistem saraf

Difusi Tangga tali Cincin saraf 3 pasang ganglion Tangga tali
Rangka
Tidak ada Zat kitin Zat kapur Zat kapur Tidak ada
Alat Ekskresi
Tidak ada Saluran malphigi Nefrida Ginjal Nefrida

Habitat Air Air dan darat Air Air dan darat Air dan darat

Yang tergolong kelompok Arthropoda adalah ….
A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V

9. Perhatikan skema daur Biogeokimia dari unsur karbon berikut.


Proses yang terjadi pada daerah X adalah ….
A. mati
B. fotosintesis
C. respirasi
D. pengendapan
E. pembakaran

10. Pada suatu ekosistem dapat ditemukan komponen-komponen sebagai berikut:
1. cacing tanah
2. ion Fe, Na dan Mg
3. bakteri
4. cahaya matahari
5. sisa tumbuhan
6. tumbuhan








11. Susunan rantai makanan yang benar dari komponen-komponen tersebut adalah ….
A.


B.

C.


D.

E.

12. Perhatikan grafik di bawah ini x = exploitasi y = cadangan sumber daya alam Bila penggunaan sumber daya alam yang tak terbaharukan diekploitasi secara tak terkendali, akibat yang mungkin terjadi ditunjukkan oleh grafik ….


A. I
B. II
C. III
D. IV
E. V









13. Perhatikan gambar sel berikut!



Fungsi organel nomor 1 dan 5 adalah ….
A. mengatur aktivitas sel dan menyimpan energi
B. menyimpan energi dan melakukan imunitas
C. menghasilkan enzim dan melakukan imunitas
D. tempat respirasi dan sintesis protein
E. melindungi sel dan mengatur transportasi sintesis protein

14. Perhatikan gambar berikut ini!



Proses fotosintesis berlangsung baik pada jaringan .…
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
E. 5 dan 6

15. Pada proses pembuatan telur asin terjadi peristiwa ….
A. Difusi
B. Osmosis
C. Imbibisi
D. Tranpor aktif
E. Transport pasif

16. Perhatikan gambar berikut!


Mekanisme kerja otot yang benar adalah ....
i. bila dalam keadaan berkontraksi otot memendek aktin dan miosin berjauhan
ii. bila otot relaksasi, aktin dan miosin berdekatan
iii. aktin dan miosin berdekatan otot memendek, kontraksi
iv. aktin dan miosin berjauhan otot tetap panjangnya
v. aktin dan miosin memendek otot relaksasi




17. Perhatikan diagram lengan atas manusia di bawah ini!
Sendi yang ditunjukan oleh tanda X dan arah gerakannya adalah sendi ….












A. Putar yang gerakannya berputar
B. Peluru yang gerakannya ke segala arah
C. Engsel yang gerakannya kesatu arah
D. Luncur yang memungkinkan gerak rotasi pada satu bidang datar
E. Pelana yang memungkinkan beberapa gerakan rotasi

17. Budi, Ani dan Susi melakukan pengujian terhadap jenis golongan darah mereka masing-masing. Mereka menusuk ujung jari manis tangan kirinya masing-masing menggunakan jarum steril. Darah yang keluar diteteskan pada kaca preparat di tiga tempat yang berbeda. Kemudian masing-masing tetesan darah diberi zat anti A pada tetesan pertama, anti B pada tetesan kedua, dan anti AB pada tetesan ketiga. Hasil percobaan tersebut terlihat seperti pada diagram.


Berdasarkan hasil pengamatan, golongan darah Budi, Ani dan Susi secara berurutan adalah ....
1. A, B, dan O
2. AB, O, dan A
3. AB, B, dan O
4. A, AB, dan O
5. AB, A, dan B

18. Perhatikan diagram saluran pencernaan makanan berikut!

Organ nomor 2 akan dihasilkan enzim ... dan berfungsi untuk ....
A. ptialin yang mengubah amilum menjadi glukosa
B. pepsin yang mengubah protein menjadi pepton
C. tripsin yang mengubah pepton menjadi asam amino
D. amilase yang mengubah amilum menjadi disakarida
E. lipase yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol

19. Pada tabel berikut ini, manakah mekanisme pernafasan dada dan fasenya yang benar?




20. Perhatikan tabel hasil uji urine siswa.



Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan ….
ii. Amir menderita diabetes melitus
iii. Ali menderita diabetes melitus dan albuminuria
iv. Ahmad menderita albuminuria dan nefritis
v. Ahmad menderita diabetes milithus dan aibuminuria
vi. Ali menderita albuminuria dan nefritis


21. Perhartikan gambar mata manusia di bawah ini !

Kelainan yang ditunjukkan oleh gambar diatas adalah ….
A. miopi
B. presbiopi
C. astigma
D. hipermetropi
E. silinder

22. Perhatikan gambar neuron berikut.


Bagian yang berfungsi untuk membawa impuls dari badan sel saraf kepada neuron lain adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5



23. Perhartikan gambar organ reproduksi manusia di bawah ini!














Organ tempat pembelahan sel secara mitosis dan meiosis ditunjuk oleh huruf ….
a. P
b. Q
c. R
d. S
e. X

24. Perhatikan hasil percobaan di bawah ini.

Hari
Ke- Biji Tanaman Media
Tumbuh Cahaya Suhu Rata-rata tinggi tanaman (per hari)
1 Kedelai Tanah Tak langsung 320 C 1 cm
2 Kedelai Kapas Langsung 320 C 1,5 cm
3 Kedelai Tanah Gelap 320 C 3,0 cm
4 Kedelai Kapas Tak Langsung 320 C 1,6 cm
5 Kedelai Tanah Langsung 320 C 0,5 cm

Dari percobaan di atas, variabel terikatnya adalah ....
A. biji tanaman
B. pertumbuhan kecambah
C. cahaya
D. suhu
E. media tumbuh

25. Di bawah ini adalah tabel data hasil suatu praktikum mengenai enzim katalase.

Kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan cara percobaan di atas adalah ….
A. enzim katalase bekerja secara optimal pada suhu 40°
B. pada jantung kerja enzim katalase sangat dipengaruhi temperatur
C. kerja enzim katalase tidak dipengaruhi oleh pH larutan
D. pada hati, kerja enzim tidak dipengaruhi pH dan temperature
E. enzim katalase banyak dijumpai pada hati daripada di jantung



26. Perhatikan skema respirasi aerob di bawah ini!


Dari bagan di atas, peristiwa 1 dan 2 secara berturut-turut adalah ….
A. siklus Krebs dan glikolisis
B. siklus Krebs dan reaksi antara
C. glikolisis dan siklus Krebs
D. glikolisis dan sistem transpor elektron
E. sistem transpor elektron dan siklus Krebs

27. Bakteri kemosintesis yang berperan dalam mengubah nitrit menjadi nitrat pada reaksi:
Ca (NO2)2 + O2 Ca (NO3)2 + energi, adalah ….

A. Nitrobacter
B. Acetobacter
C. Nitrosomonas
D. Azotobacter
E. Nitrococcus

28. Perhatikan gambar kromosom berikut

Bagian-bagian kromosom secara berurutan: sentrosom, selaput, matriks dan kromonema ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1 – 2 – 3 – 4
B. 1 – 3 – 4 – 2
C. 2 – 4 – 3 – 1
D. 2 – 4 – 1 – 3
E. 2 – 3 – 4 – 1

29. Di bawah ini adalah langkah-langkah sintesis protein:
1. ARN duta bergabung dengan ribosom
2. ARN duta dicetak oleh ADN dalam inti dengan cara transkripsi
3. ARN transpor membawa asam amino ke ribosom
4. terbentuk rangkaian asam amino (polinukleotida)
5. ARN duta meninggalkan inti menuju ribosom
Urutan sintesis protein yang benar adalah ....
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 2 – 4 – 3 – 1 – 5
C. 4 – 3 – 2 – 5 – 1
D. 2 – 5 – 1 – 3 – 4
E. 5 – 3 – 2 – 4 – 1

30. Dari persilangan ayam walnut (sumpel) genotif RrPp dengan ayam berpial pea (biji) genotif rrPp, kemungkinan akan diperoleh keturunan walnut : rose : pea : bilah dengan perbandingan ....
A. 1 : 1 : 3 : 3
B. 3 : 1 : 3 : 1
C. 1 : 3 : 3 : 1
D. 3 : 1 : 1 : 3
E. 3 : 3 : 1 : 1

31. Peta silsilah (Pedigree) pewarisan sifat buta warna.










wanita normal carrier wanita normal


pria normal pria buta warna

Berdasarkan peta silsilah di atas maka genotip parentalnya adalah ....
A. XBXb >< XBY
B. XBXb >< XbY
C. XbXb >< XBY
D. XBXb >< XbY
E. XBXB >< XBY

32. Pada gambar pembelahan sel di samping tahapan yang ditunjukkan pada A dan B
secara berurutan adalah ....








A. profase I dan metafase I
B. metafase I dan anafase I
C. metafase I dan anafase II
D. metafase I dan profase I
E. anafase II dan telofase II

33. Peristiwa translokasi ditunjukkan oleh gambar ....

A.



B.




C.



D.

E.


34. Perhatikan gambar alat gerak beberapa mamalia di bawah ini.


Dari gambar tersebut dapat menunjukkan adanya hubungan kekerabatan beberapa organisme yang berada dalam satu ….
A. habitat
B. spesies
C. genus
D. analog
E. homolog

35. Jika populasi perasa PTC = 84% (T = gen perasa PTC; t = gen bukan perasa PTC) maka perbandingan frekuensi genotif dari seluruh populasi penduduk adalah ….
A. 4TT : 12Tt : 9tt
B. 9TT : 6Tt : 4tt
C. 9TT : 12Tt : 4 tt
D. 12TT : 4Tt : 9tt
E. 12TT : 9Tt : 4tt

36. Menurut Darwin, burung Finch yang ada di Galapagos terdiri dari 13 spesies yang berasal dari satu spesies burung Finch dari Amerika Selatan yang bermigrasi ke Galapagos. Teori di atas akan diakui kebenarannya secara mutlak bila ….
A. ditemukan fosil burung Finch yang sama spesiesnya di Amerika Selatan dan Galapagos
B. telah dilakukan hibridisasi burung Finch yang ada di Galapagos menghasilkan burung Finch seperti nenek moyangnya di Amerika Selatan
C. telah dilakukan tes DNA burung Fich yang ada di Amerika Selatan, banyak kemiripan dengan yang ada di Galapagos
D. telah dilakukan percobaan dengan menyebarkan 1 spesies bakteri di beberapa lingkungan berbeda setelah beberapa tahun menghasilkan spesies bakteri yang berbeda
E. telah ditemukan spesies burung Finch yang ada di Galapagos sama persis dengan burung Finch yang ada di Amerika Selatan





37. Untuk menghasilkan bibit unggul ternak sapi dapat dilakukan dengan teknik kloning. Dalam suatu proses kloning dilakukan hal-hal berikut ini.
1) diambil sel telur dari sapi A
2) diambil sel kelenjar air susu dari sapi B
3) digunakan sapi C sebagai induk untuk menumbuhkan embrio

Setelah inti sel sapi B difusikan dengan sel telur sapi A yang intinya telah dirusak, dan hasil fusi tersebut dimasukkan ke dalam rahim sapi C, maka sifat klon sapi adalah ….
A. seperti sapi A
B. seperti sapi B
C. seperti sapi C
D. kombinasi sapi A dan sapi B
E. kombinasi sapi B dan sapi C

38. Untuk memperbaiki tingkat kehidupan secara fisik, banyak teknologi yang digunakan oleh manusia di dalam prosesnya. Salah satunya melakukan peleburan sel/fusi sel antara sel kanker dengan sel penghasil antibodi hingga dapat menghasilkan ….
A. vaksin kolera
B. serum monoclonal
C. interferon antivirus
D. antibody monoclonal
E. poliklonal antibody

39. Penanaman kapas transgenic bertujuan untuk meningkatkan produksi kapas, namun sebagian masyarakat belum dapat menerima karena ….
A. menimbulkan pencemaran lingkungan
B. menimbulkan penyakit kanker
C. merusak kelestarian plasma nutfah
D. menyebabkan kemandulan
E. menurunkan pendapatan penduduk

40. Setelah insulin dapat dihasilkan di luar tubuh manusia maka dampak positifnya adalah ….
A. insulin semakin murah harganya
B. penderita diabetes mellitus memiliki harapan hidup semakin panjang
C. insulin semakin mudah didapat
D. dapat mengembangkan produksi hormon kelamin di luar tubuh manusia
E. menambah lapangan pekerjaan bagi pekerja pabrik insulin

Senin, 08 Maret 2010

TUGAS KARYA ILMIAH

PERAN SERTA PELAJAR SMA DALAM
PENANGGULANGAN BAHAYA NARKOBA
di KOTA SERANG


KARYA ILMIAH

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
Bahasa Indonesia Semester Genap
SMA PRISMA

oleh
Nama : Ria Restiani
Kelas : XI IPA-2
No. Induk : 08092112

SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) PRISMA
Jalan Raya Jakarta Km.4 Pakupatan
SERANG-BANTEN


Karya ilmiah yang berjudul

PERAN SERTA PELAJAR SMA
DALAM
PENANGGULANGAN BAHAYA NARKOBA
di KOTA SERANG


telah dibaca dan disetujui pada 25 Februari 2010



oleh




Kepala SMA PRISMA, Pembimbing,

Iswandrianto,S.Pd. Hanny Kusuma Dewi,S.s.
NIP.1258756356 NIP.125896345


Motto
Kecerdasan bukan didapat dari buku semata,
Teapi harus mempunyai niat yang kuat serta kemauan yang keras

















Kupersembahkan untuk :
• Ayah dan Ibu yang telah mendidik dan membesarkanku
• Guru-guru dan teman-temanku
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan kehendak-Nyalah Karya ilmiah ini dapat terselesaikan denga baik tepat pada waktunya.
Penulisan karya ilmiah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas Bahasa Indonesia denagn tema Peran serta pelajar SMA dalam penaggulangan Bahaya Narkoba di kota Serang. Kaya ilmiah ini ditulis untuk memaparkan cara meningkatkan peran serta prmuda dan pelajar dalam meminimalisir ahya narkoba di kalangan remaja dengan gaya bahasa dan metod-metod yang cukup dapat diterima masyarakat pada umunya dan pelajar pada khususnya.
Denag selesainya karya ilmiah ini diharapkan dapat memeberi gambaran tentang bahay narkoba bagi para remaja . Saya selaku penulis banyak mengalami kesulitan dalam penyelesaian karya ilmiah ini. Namun, berkat bimbingan dari berbagai pihak akhirnya karya ilmiah ini dapat diselesaikan. Karna itu sepantasnya penulis ucapkan terimakaih kepada :
1. Kepala sekolah SMA PRISMA, Iswandriano,S.Pd. atas kepercayaan yang diberikan.
2. Ibu Hanny Kusuma Dewi selaku guru mata pelajran Bahasa Indonesia yang telah ikut membantu sampai selesainya makalah ini.
3. Ayah dan Ibu yang slalu memberikan bantuan.
4. Teman-temanku yang telah ikut membantu mendorong saya dalam menyelesaikan makalah ini
5. Dan semua pihak yang telah membantu, bail secaralangsung maupun tidak lansung.
Penulis menyadari bahwa karya ilimiah ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat saya harapakan dari para pembaca.
Semoga karya ilmiah ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca dalam pentingnya menanggulangi bahaya narkoba dikalangan remaja.

Serang, 9 Maret 2010


PENULIS

DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………… iv
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………….. vi
ABSTRAK…………………………………………………………………………………………. ix
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………… 1
A. Latar Belakang Masalah ………………………………………………………2
B. Perumusan Masalah……………………………………………………………3
C. Tujuan Penelitian………………………………………………………………4
D. Metode Penelitian………………………………………………………………5
E. Hipotesis……………………………………………………………………….5
F. Waktu dan Lokasi Penelitian……………………………………………………6
G. Sistematika Penulisan ………………………………………………………….7
BAB II ARTI DAN FUNGSI WADAH YANG BERPERAN
DALAM PENAGGULANGAN BAHAYA NARKOBA…………………………8
A. Subjek atau Pelaksana…………………………………………………………9
B. Objek atau Sasaran……………………………………………………………10
BAB III TINDAKAN PENANGGULANGAN………………………………………………11
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN…………………………………………………….13
A. Kesimpulan…………………………………………………………………….16
B. Saran……………………………………………………………………………..17
DAFTAR PUSTAKA



ABSTRAK

Karya ilmiah yang berjudul Peran Serta Pelajar SMA dalam Penanggulangan Bahaya Narkoba di- kota Serang membahas tentang pera serta pelajar SMA dalam penanggulangan bahya narkoba serta bagaiman cara penanggulanganya.
Tujuan pemulisan katya ilmiah ini adalah utuk meningkatkan kesadaran pelajar SMA agar menjauhi pergaulan bebas seperti menggunakn narkotika dan obat-obatan telarang yang hanya bisa merusak masa depan generasi muda selain itu unutk meningkatkan peran serta pelajar dalam penanggulangan bahaya narkoba.
Metode yang di pergunakan adalah dengan meninjau data dari BNN serta penelitian terhadap remaja-remaja di- kota Serang.
Berdasarkan hasil penelitian, penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar SMA semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal itu di akibatkan karena kurangnya pengawasan dari orang tua dan guru dengan kehidupan para anak-anaknya. Bila tidak dilakukan penanganan secara sungguh-sungguh maka dampaknya bisa tejadi secara nyata da akhirnya bias mengancam masa depan generasi penerus bangsa.